macam macam bunyi pantul



Pemantulan Bunyi

Karena bunyi merupakan sebuah gelombang, maka bunyi akan mengalami pemantulan, pembiasan, dan interferensi. Pada bahasan ini kita akan membahas tentang pemantulan bunyi. Sedangkan, pembiasan dan interferensi akan dipelajari kemudian.


Gambar: Contoh Pemantulan Bunyi
Karena gelombang bunyi dipantulkan oleh dinding, maka jarak tempuhnya menjadi dua kali lipat jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul. Jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul adalah s, maka jarak tempuh gelombang bunyi adalah 2s.

v = 2s/tKeterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul (m)
t = waktu (s)


Macam-Macam Bunyi Pantul Berdasarkan tempat terjadinya pemantulan, terdapat tiga macam bunyi pantul, yaitu:


a. Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi AsliBunyi pantul yang memperkuat bunyi asli terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menyebabkan suara seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.


b. Gaung atau KerdamGaung adalah bunyi yang diperoleh dari hasil pemantulan oleh sumber bunyi yang jaraknya dengan dinding pemantul agak jauh sehingga sebagian dari bunyi pantul terdengar bersamaan dengan bunyi asli yang lain dan menyebabkan bunyi terdengar tidak jelas.

Misal:
Bunyi asli : ma - kan - be - ling
Pantul : …… ma - kan - be - ling
Terdengar : ma ………………… ling

Untuk meredam terjadinya gaung pada tempat-tempat seperti bioskop, tempat hiburan, gedung pertemuan, studio musik, dan sebagainya, maka dipasangkan lapisan peredam bunyi pada dinding-dinding ruangan tersebut.

Lapisan peredam ini biasanya terbuat dari bahan karton, gabus, wol, dan busa karet, yaitu bahan-bahan lunak untuk mengurangi terjadinya pemantulan bunyi.


c. GemaGema adalah bunyi yang diperoleh dari pemantulan dimana jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi pantul dapat terdengar setelah bunyi asli. Misalnya, bunyi pantul orang yang berteriak di lereng bukit.


sumber: http://www.bukupedia.net/2016/01/pengertian-rumus-dan-manfaat-pemantulan-bunyi-serta-contoh-macam-macam-bunyi-pantul.html


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pembentukan bayangan pada cermin cembung

macam macam lensa